Buat Postingan di Nabire.club Klik Disini

9 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik yang Banyak Digunakan Gamers

Sebagai Youtuber, pasti Kamu sangat membutuhkan aplikasi Perekam Layar PC tanpa watermark. Apalagi jika Kamu seorang Youtuber Game Play (Gamer), pasti membutuhkan aplikasi perekam Layar yang sangat ringan agar bisa bersanding dengan game yang Kamu mainkan.

Untuk itu, berikut Kami rekomendasikan aplikasi perekam Layar PC ringan yang bisa Kamu dapat gratis dan tanpa watermark sehingga mempermudah kegiatan membuat Video youtube Kamu.

1. Cam Studio


Aplikasi Perekam Layar PC

Selain OBS Studio, banyak youtuber yang menggunakan aplikasi Cam Studio untuk merekam layar PC. Sama seperti OBS studio, namun Cam Studio memiliki fitur mengubah video format AVI ke format SWF. Cam Studio juga bersifat open source loh, alias gratis.

Cam studio juga dilengkapi dengan fitur untuk mempelajari software, penambah tulisan ke dalam video, mendukung program Lossless Codec, tersedia program picture-in-picture sehingga kamu bisa merekam layar PC dan mengaktifkan Kamera PC secara bersamaan.
Keren bukan? Tampilan Cam Studio juga sangat simpel sehingga memudahkan Kamu menguasai aplikasi ini.

2. Open Broadcaster Software (OBS Studio)


Aplikasi Perekam Layar PC

Open Broadcaster Software memasuki peringkat satu rekomendasi aplikasi perekam Layar PC. Aplikasi ini banyak digunakan oleh banyak youtuber loh. Buktinya, anggota group Facebook Youtuber Indonesia ternyata banyak yang menggunakan aplikasi ini dalam membuat video.

OBS Studio bisa Kamu dapatkan secara gratis untuk semua sistem operasi (OS). Banyak fitur yang bisa Kamu dapatkan dari OBS Studio selain merekam layar PC dan suara input serta uotput. Untuk menggunakan OBS Studio juga sudah banyak video tutorial yang menjelaskan caranya. OBS Studio juga menyediakan fitur live broadcast atau streaming.

OBS Studio juga tersedia untuk beragam bahasa, mulai dari Mandarin, Inggris, hingga Kanji. Namun untuk Bahasa Indonesia belum tersedia pada program aplikasi OBS Studio.

3. ShadowPlay


Aplikasi Perekam Layar PC

Selain ada aplikasi perekam laya PC khusus untuk tutorial video maker, ada juga loh aplikasi perekam layar yang khusu digunakan untuk game play (gaming) video maker atau gamer. Aplikasi tersebut bernama ShadowPlay.

ShadowPlay merupakan aplikasi perekam layar PC yang dikhususkan untuk kegiatan game play. Bagaimana tidak, aplikasi ini memiliki banyak fitur pendukung game play video maker.

Mulai dari hasil video yang profesional, optimalisasi tambahan untuk merekam game, hingga fitur broadcast ke berbagai forum seperti Facebook, Google Photos dan Weibo. Sayangnya aplikasi ini sangat berat, sehingga hanya PC dengan spesifikasi gahar saja yang bisa menjalankan ShadowPlay dengan lancar.

4. XSplit Gamecaster


Aplikasi Perekam Layar PC

Jika aplikasi ShadowPlay masih terasa berat dijalankan pada PC Kamu, ada aplikasi perekam layar PC alternatif selain ShadowPlay, loh. Aplikasi ini bernama XSplit Gamecaster merupakan aplikasi perekam layar PC khusus untuk aktivitas game play
Aplikasi perekam layar PC XSplit Gamecaster terbilang cukup ringan dan memiliki banyak fitur yang mudah digunakan. XSplit Gamecaster juga menyediakan Fitur broadcast ke berbagai forum seperti, YouTube, Twitch, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Selain merekam layar PC, XSplit Gamecaster juga bisa digunakan untuk mengaktifkan webcam pada PC Kamu sehingga Kamu juga bisa merekam wajah Kamu ketika bermain game. Namun, Sangat disayangkan, XSplit Gamecaster hanya bisa diintal pada OS Windows saja.

5. Action!


Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi perekam layar PC lainnya adalah Action!. Aplikasi ini sangat cocok Kamu digunakan sebagai tutorial video maker maupun game play video maker. Aplikasi ini memungkinkan Kamu merekam semua layar PC maupun sebagian saya.

Aplikasi ini juga bisa merekam layar PC Kamu secara real time loh. Selain itu hasil video yang dihasilkan beresolusi HP. Namun sayang aplikasi perekam layar  Action! hanya menyediakan Format MP4 dan AVI untuk hasil outputnya.

6. Ezvid


Aplikasi Perekam Layar PC

Ezvid merupakan aplikasi perekam layar PC yang cocok digunakan oleh tutorial video maker. Selain berfungsi sebagai aplikasi perekam layar, Ezvid juga bisa dijadikan aplikasi sebagai editing video, sehingga Kamu tidak perlu menginstal aplikasi edit video tambahan.

Fitur dasar editing video terdapat pada Ezvid. Fitur mengatur FPS video, corat-coret video, memberi teks pada video, memangkas video, menghilangkan suara, dan lain-lain ada pada aplikasi Ezvid. Kamu juga bisa mengatur format output dari Video yang Kamu kelola dengan Ezvid, loh. Tertarik ?

7. Apowersoft Free Online Screen Recorder


Aplikasi Perekam Layar PC

Masih termasuk rekomendasi aplikasi perekam layar PC untuk tutorial video maker, Apowersoft Free Online Screen Recorder adalah aplikasi cloud untuk merekam layar PC secara gratis dan tanpa watermark.

Seperti namanya, aplikasi ini bisa Kita jalankan ketika terhubung ke Internet saja dan mengakses website official dari Apowersoft Free Online Screen Recorder.

Format video output yang bisa Kamu peroleh dari Apowersoft Free Online Screen Recorder juga sangat banyak, mulai dari AVI, MP4, SWF, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa melakukan editing video secara langsung dari aplikasi Apowersoft Free Online Screen Recorder.

Karena sistemnya yang menggunakan plugin browser dan bersifat cloud, aplikasi ini sangat tidak cocok digunakan oleh game play (gamer) video maker, padahal aplikasi ini sangat ringan untuk digunakan.

8. DXTory


Aplikasi Perekam Layar PC

Memerlukan aplikasi perekam Layar PC yang sangat ringan? DXTory adalah jawabannya. Aplikasi perekam layar PC ini hanya berukuran 5.76 MB saja. Sudah pasti jika DXTory bisa menghemat penyimpanan Kamu lebih baik dari aplikasi perekam layar PC lainnya. Keringanan aplikasi DXTory juga tidak perlu diragukan lagi.

Selain ringan, DXTory mudah digunakan. DXTory juga memiliki kualitas video hasil rekaman yang sangat bagus. DXTory juga dapat merkam audio sistem Komputer dan audio diluar sistem komputer. Untuk dapat memasang aplikasi DXTory Kamu harus menginstall .NET Framework 4.0 atau keatas.

9. Windows 10 Game Bar


Aplikasi Perekam Layar PC

Jika Kamu menggunakan Sistem Operasi (OS) Windows 10, Kamu tidak perlu bingung mencari aplikasi pihak ketiga hanya untuk merekam layar PC Kamu, loh. OS Windows 10 menyediakan aplikasi sistem yang bernama Windows 10 Game Bar atau biasa disebut Game DVR.
Aplikasi ini sangat ringan digunakan sehingga cocok untuk Kamu sebagai tutorial video maker maupun game play video maker. Aplikasi ini juga terhubung dengan kontroler XBOX loh, cocok untuk Kamu gamer XBOX Emulator di Windows 10.

Sayangnya Aplikasi ini hanya memiliki fungsi utama merekam layar PC saja. Kamu tidak bisa mengaktifkan webcam PC kesayangan Kamu dan mengedit hasil rekaman sekaligus. Sehingga kurang cocok digunakan tanpa aplikasi video editor pihak ketiga.

Kesimpulan


Berikut adalah 9 aplikasi perekam layar PC yang bisa Kamu dapatkan secara gratis dan tanpa watermark. Selain itu, Kamu juga bisa mencicipi semua fitur dari 9 aplikasi tersebut. Untuk menyesuaikan dengan peforma dan efisiensi penggunaan, Kamu bisa mencoba 9 aplikasi diatas satu persatu.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada aplikasi perekam layar  yang dikhususkan untuk kegiatan tertentu. Misalnya aplikasi Windows 10 Game Bar, DXTory, Apowersoft Free Online Screen Recorder, Action! atau Ezvid sangat cocok digunakan untuk tutorial video maker.
Sedangkan untuk game play video maker akan lebih optimal jika menggunakan aplikasi XSplit Gamecaster atau Shadow Play. Ada juga aplikasi yang cocok digunakan untuk keduanya yaitu OBS studi atau Cam Studio.
Hallo Sobat Nabire Club
Hallo Sobat Nabire Club, Bagaimana Tanggapan Sobat Tentang Postingan Ini.?

Posting Komentar

Bacaleg DPRD Nabire Dapil 2